01 Maret 2011

Ini Dia Cara Bikin Lemper Cantik!

Eka Septia Wulan - detikFood
Jakarta - Mau bikin lemper tapi malas membungkus dengan daun takut ukurannya tidak sama atau bentuknya tidak rapi? Kini tak perlu khawatir, karena alat ini akan memudahkan Anda dalam membuat lemper yang cantik dengan ukuran yang sama.

Tiap kali arisan, pasti Anda ingin membuat makanan sendiri di rumah. Selain untuk mempraktekkan resep-resep yang sudah di kumpulkan, pastilah Anda ingin tahu pendapat orang lain tentang masakan Anda. Salah satu jenis camilan yang sering dijumpai saat arisan adalah lemper.

Lemper ini cukup diminati, namun orang cenderung malas membuatnya karena repot membungkus karena tidak bisa rapi. Jika melihat di toko kue, pasti ukuran bentuknya seragam tidak ada yang terlalu kecil atau terlalu besar. Nah, kini ada sebuah alat untuk membantu Anda membuat lemper.

Cetakan lemper ini ada yang berbahan dasar aluminium ada juga plastik. Bentuknya persegi panjang dengan lubang-lubang berbentuk lonjong lengkap dengan tutupnya yang berfungsi sebagai alat penekan. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Sebelum digunakan, olesi cetakan dengan sedikit minyak sayur untuk menghindari ketan lengket didinding cetakan.

Isi dengan ketan yang sudah dikukus, sedikit tekan kemudian isi dengan ayam suwir dan tutup kembali dengan ketan. Tekan dengan menggunakan tutup atau penekannya agar bentuk lemper bagian atasnya rapi. Tekan dan padatkan lemper, kemudian keluarkan dari cetakan. Lemper bisa dibungkus dengan plastik ataupun daun sehingga tampilannya jauh lebih cantik.

Alat ini juga bisa digunakan untuk membuat semar mendem, hanya bagian kulitnya saja yang diganti dengan telur dadar tipis. Cetakan lemper ini mudah dijumpai dengan berbagai ukuran yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Harganya pun beragam, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Selamat mencoba!

(eka/Odi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CORONA

hmmm... sudah lama tdk sekolah, sejak ada virus corona sekolah libur, kantor libur dan toko banyak yang tutup. Sejak bulan Maret 2020 sekola...