01 Maret 2011

Para penggila cokelat pasti jatuh hati dengan cake yang satu ini. Perpaduan rasa pahit manis dark chocolate dengan manis legit white chocolate menyatu dalam cake ini. Belum lagi tambahan pistachio yang gurih memberi sensasi renyah yang penuh sensasi di lidah! Jangan kaget jika remah terakhirpun masih terasa lezat di lidah! Bahan: American chocolate sponge: 10 butir telur ayam 325 g gula kastor 2,5 g vanili bubuk 450 g tepung terigu 180 g cokelat bubuk 150 ml air hangat Dark Chocolate mousse: 500 ml susu segar 100 g gula pasir 6 butir kuning telur 7 lembar gelatine, potong-potong, rendam air dingin hingga lembek 500 g krim kocok 150 g dark chocolate, lelehkan White Chocolate Mousse: 500 g susu segar 100 g gula pasir 6 butir kuning telur 7 lembar gelatine 500 ml whipped cream 150 g white chocolate, potong-potong 100 g kacang pistachio, haluskan Cara membuat: * Kocok telur dan gula hingga mengembang. * Ayak tepung terigu sisihkan. * Campurkan cokelat bubuk dan air hangat dan aduk menggunakan kocokan kawat hingga merata. * Masukkan tepung sedikit-sedikit ke dalam telur kocok dan aduk secara perlahan hingga rata. * Masukkan campuran cokelat dan aduk hingga merata. * Tuang ke dalam loyang ukuran 30x40 cm yang dialasi kertas. Ratakan. * Masukkan ke dalam oven dengan panas 180 derajat selama 25 menit. * Angkat dan dinginkan. * Dark Chocolate Mousse: Rebus susu dan gula hingga gula larut. * Kocok kuning telur hingga rata. Tuangi sedikit susu panas, aduk rata. Tuang kembali ke dalam rebusan susu dan masak hingga mengental. * Angkat, tambahkan gelatine yang sudah lembek, aduk hingga gelatine larut. Sisihkan hingga dingin. * Campur dengan krim kocok dan cokelat, aduk rata. * White Chocolate Mousse: Kocok kuning telur hingga rata. Tuangi sedikit susu panas, aduk rata. Tuang kembali ke dalam rebusan susu dan masak hingga mengental. * Angkat, tambahkan white chocolate cincang, aduk hingga larut. * Tambahkan gelatine yang sudah lembek, aduk hingga gelatine larut. Sisihkan hingga dingin. * Campur dengan krim kocok, aduk rata. Masukkan pistachio bubuk, aduk rata. Penyelesaian : * Potong membujur cake menjadi 3 bagian. * Ambil cetakan persegi empat, Taruh di dasar loyang, perciki sirop gula. * Tuangkan dark chocolate mousse, tumpuk dengan sepotong cake, lalu beri sirop gula. * Olesi white chocolate mousse. Tutup dengan cake dan beri sirop gula. Terakhir olesi Chocolate Ganache. * Hiasi sesuai selera. Untuk 60 potong (dev/Odi)

Buah prune kering yang manis sedikit asam ternyata sangat dahsyat saat berpadu dengan cokelat. Cake cokelat dengan rasa walnut yang gurih, berlapis chocolate mousse yang lembut legit menjadi paduan istimewa buah prune. Buktikan saja dengan cake yang satu ini!

Bahan:
Walnut sponge:
500 g kuning telur
100 ml air
25 ml rhum, jika suka
2.5 g esens vanilla
2.5 g garam
1.5 g kayu manis bubuk
1 sdt kulit jeruk lemon parut
150 g tepung panir putih
200 g walnut bubuk
750 g putih telur
450 g gula pasir
Prune compote:
500 g prune tanpa biji
250 ml sirop gula
100 ml rhum
Chocolate Mousse: (lihat resep Framboise Chocolate Cake)

Cara membuat:

  • Walnut sponge: Kocok kuning telur, air dan vanili hingga mengembang.

  • Campurkan walnut, bread crumb,cinnamon, salt, kulit jeruk lemon parut,  ratakan.

  • Kocok putih telur  dan gula  hingga menjadi kaku.

  • Campurkan ke dalam kocokan telur dan aduk rata, secara perlahan.

  • Tambahkan campuran walnut  ke dalam campuran telur , terakhir masukkan rhum, jika suka, aduk rata.

  • Tuang adonan ke dalam 2 buah loyang ring 20 cm yang sudah dialasi kertas.

  • Panggang dalam oven panas 180C selama 30 menit hingga matang.

  • Angkat dan dinginkan.

  • Prune compote: Campur rhum dan sirop gula, masukkan prune dan rendam selama semalam.


Penyelesaian:

  • Belah cake membujur menjadi 2 bagian.

  • Taruh 1 potong cake dalam cetakan ring yang sedikit lebih besar. Perciki dengan sirop gula.

  • Olesi dengan chocolate mousse lalu taburi dengan potoang prune.

  • Tumpuk dengan 1 potong cake yang lain. Kerjakan yang sama.

  • Terakhir lapisi dengan chocolate mousse. Hias sesuai selera.


Untuk 2 loyang @ 16 potong

(dev/Odi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CORONA

hmmm... sudah lama tdk sekolah, sejak ada virus corona sekolah libur, kantor libur dan toko banyak yang tutup. Sejak bulan Maret 2020 sekola...